Prajurit Satlinlamil Surabaya Laksanakan Latihan Khusus Pemeriksaan Tempur Laut

Pertajam Skill Prajurit KRI Satlinlamil Surabaya Latihan Rikpurla. (tni.mil.id)
Personel Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya melaksanakan latihan Visit Boarding Search And Seizure (VBSS) di Mako Satlinlamil Surabaya, Jawa Timur, Rabu (18/1). Latihan khusus tentang pemeriksaan tempur laut (Rikpurla) ini diikuti 40 prajurit dari unsur-unsur KRI dibawah Satlinlamil Surabaya.

Latihan yang akan berlangsung pada tanggal 17—24 Januari 2017 ini dibuka oleh Komandan Satlinlamil Surabaya, Kolonel Laut (P) Riduwan Purnomo, dalam suatu upacara di Lapangan Apel Mako Satlinlamil Surabaya, Selasa kemarin (17/1).

Kolonel Laut (P) Riduwan Purnomo mengatakan bahwa latihan ini bertujuan membina kemampuan dan profesionalisme prajurit Satlinlamil Surabaya dalam kerjasama dan ketanggapsegeraan dalam mengantisipasi situasi saat melaksanakan pemeriksaan di laut.

“Personel yang sudah ditunjuk mengikuti latihan agar serius dalam mengikuti latihan, secara teori maupun praktek lapangan, setiap instruksi dari instruktur atau pelatih dicamkan baik-baik. Supaya nanti pada saat keadaan sesungguhnya tidak ada keraguan dalam pelaksanaannya,” ujar Komandan Satlinlamil Surabaya.

Materi yang diberikan dalam latihan hari ini adalah tentang Ship Boarding, dengan instruktur dari Satuan Pasukan Katak Komando Armada RI Kawasan Timur (Satpaska Koarmatim).

Ship boarding merupakan kemampuan cara memanjat di kapal yang menjadi keahlian personal maupun tim untuk melaksanakan penyelamatan dan pemeriksaan personel maupun dokumen yang ada di kapal pada saat pelaksanaan pemeriksaan tempur laut sesuai standar operasional.

Sumber: TNI