India Luncurkan Roket Bisa Jangkau Indonesia

India kembali membuktikan diri sebagai negara unggul di bidang penelitian dan militer, setalah hari  Minggu kemarin, Organisasi Penelitian dan Pengembangaan India, berhasil menguji coba peluncuran roket jarak jauh, Agni V.

Agni V mengudara tepat pukul 08.50  Minggu, 15 September 2013, diluncurkan dari landasan di sebuah pulau timur negara bagian Orissa.  “Roket itu memenuhi semua tujuan misi dengan akurasi absolut,” ungkap Direktur Uji Coba Roket di Chandipur, M.V.K.V. Prasad.

Menurut para pengamat, Roket Agni V memiliki kemampuan meluncur hingga 5.000 kilometer. Roket itu dapat menyerang target mana pun hingga di daratan China, termasuk instalasi militer Negeri Tirai Bambu yang terletak di timur laut negara itu.

Peluncuran ini merupakan kali kedua roket serupa diluncurkan, setelah Agni V mengudara pada bulan April tahun 2012. Menurut Direktur Uji Coba Roket India, roket yang diluncurkan kali ini lebih baik dibandingkan sebelumnya. “Uji coba kedua roket Agni V menunjukkan sistem yang lebih maju dan mapan,” ungkap M.V.K.V. Prasad.

Keberhasilan organisasi itu mendapat sambutan baik dari Pemerintah India. Menteri Pertahanan, A.K. Anthony, mengatakan, para ilmuwan mereka telah membuat India bangga.  Bahkan mereka mengklaim kekuatan militer yang dimiliki India, sudah tak berbeda jauh dengan China. Usai berhasil meluncurkan roket jarak jauh, India siap memproduksi roket berikutnya.

Agni diambil dari Bahasa Sansekerta yang berarti api. Nama ini digunakan untuk beberapa roket India dan merupakan bagian dari pengembangan roket yang dilakukan sejak tahun 1983 silam.  Menurut para analis, peluncuran roket jarak jauh ini adalah bagian dari persaingan militer antara India dan China.

Hubungan kedua negara tidak akur dan mewarisi konflik akibat pertempuran berdarah  tahun 1962 silam. Peperangan itu dipicu karena masalah sengketa perbatasan. Hingga kini India dan China masih sering terlibat sengketa wilayah disertai dengan ancaman ancaman dari China. Selain seluruh wilayah China, roket Agni v India juga bisa menjangkau wilayah Indonesia.(vivanews).

Leave a Comment