Era Baru Pertahanan Udara Israel Bersama Arrow 3

Sistem pertahanan udara Irone Dome (kiri), sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM) Patriot MIM-104 (tengah), anti rudal balistik Arrow 3 (kanan) (Foto: AFP/Gil Cohen-Magen)

Sistem anti rudal balistik “Arrow 3” hari ini ditransfer ke Israel dalam upacara Angkatan Udara Israel (IAF) dan secara resmi memasuki pelayanan bersama Angkatan Bersenjata Israel (IDF), sebagaimana diberitakan Jerusalem Online.

Komandan Sistem Pertahanan Udara Israel menyatakan bahwa sistem ini akan memberikan Israel kemampuan yang lebih efektif dan substansial untuk membela negaranya.

Hari ini (Rabu, 18 Januari 2017), Angkatan Udara Israel (IAF) menerima sistem pertahanan udara yang substansial. Kementerian Pertahanan Israel dan Badan Pertahanan Rudal AS menyerahkan sistem anti rudal balistik Arrow 3 kepada IAF, sebagai langkah pertama menuju pengembangan sistem senjata yang canggih.

Arrow adalah salah satu sistem yang paling penting dalam sistem pertahanan berlapis dari IAF, sedangkan Arrow 3 dianggap sebagai salah satu sistem pencegat rudal terbaik di dunia.

Rudal itu memiliki kemampuan jangkauan intersepsi lebih jauh dan dapat mencegat rudal balistik di ketinggian yang jauh lebih besar di atas atmosfer dibanding model sebelumnya yaitu Arrow 2

“Kita sedang memasuki era baru, hari ini era Arrow 3”, kata Moshe Fattal, kepala administrasi Departemen Pertahanan Israel yang bertanggung jawab untuk mengembangkan senjata.

“Hari ini, kami menyerahkan sistem Arrow 3 primer kepada IAF dengan kemampuan pertahanan dan intersepsi yang lebih besar serta memiliki jangkauan lebih jauh dari apa yang biasa kita gunakan disini. Sistem Arrow 3 bergabung dengan sistem pertahanan berlapis dengan kemampuan teknologi yang jauh lebih tinggi, memberikan kesempatan intersepsi lebih besar dan memberikan Israel perlindungan yang jauh lebih baik terhadap rudal jarak jauh”.

JakartaGreater