Gelontorkan Dana 2 Miliar Dolar AS, Indonesia Beli 5 Unit A400M

Airbus A400M generasi baru di RMAF. (Airbus Defence and Space)

TNI Angkatan Udara dikabarkan akan membeli lima unit pesawat transport berat A400 M Atlas sebagai bagian dari strategi penguatan kemampuan transport militer TNI. Seperti diberitakan IHS Janes, Indonesia sepakat menggelontorkan dana sebesar 2 miliar dolar Amerika Serikat untuk membeli lima unit pesawat tersebut.

Sejauh ini, terdapat dua skuadron angkut berat TNI Angkatan Udara, yaitu Skuadron Udara 31 yang berpangkalan di Pangkalan Udara Utama Halim Perdanakusuma, Jakarta (C-130H Hercules) dan Skuadron Udara Utama Abdulrahman Saleh, Malang, Jawa Timur (C-130B Hercules).

Pada Juli 2015, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (saat itu), Marsekal TNI Agus Supriatna, menyatakan bahwa pihaknya telah mengirim kajian mengenai calon pengganti C-130 Hercules ke Kementerian Pertahanan.

“Sudah kami kirim jauh-jauh hari sebelum kecelakaan C-130 Hercules A-1310 di Medan pekan lalu,” kata Marsekal Agus, saat itu.

TNI Angkatan Udara sudah “melirik” dua merek dan tipe pesawat angkut berat. Keduanya adalah A400 M Atlas dari Airbus Defence dan Antonov An-70 Ruslan, yang sama-sama ditenagai empat mesin turboprop walau beda generasi dan kecanggihan teknologi.

Sumber: Antara