Tejas Akan Meriahkan Hari Republik India

Pesawat tempur ringan buatan dalam negeri India, Light Combat Aircraft (LCA) Tejas akan dipamerkan dan ikut memeriahkan parade hari Republik India yang diperingati setiap tanggal 26 Januari.

LCA Tejas adalah pesawat tempur pertama dengan teknologi fly-by-wire (FBW) yang dirancang, dikembangkan dan diproduksi di India. Tejas dirancang dan dikembangkan oleh Aeronautical Development Agency (ADA) dan diproduksi oleh Hindustan Aeronautics Limited (HAL).

Selain LCA Tejas, Hari Republik juga akan dimeriahkan dengan penerbangan fly pass oleh helikopter Mi-17 V5, Mi-35, pesawat Hercules C-130J, pesawat tempur MiG-21 Bison, C-17 serta pesawat tempur SU-30MKI.

Tejas mulai dilantik ke Angkatan Udara India sebagai bagian dari Skuadron 45 (Flying Daggers) pada tanggal 1 Juli 2016. Skuadron sebelumnya mengoperasikan armada pesawat di Bangalore tapi akan segera dipindahkan ke Sulur dekat Coimbatore.

LCA Tejas dilengkapi dengan sistem glass cockpit dan avionic dengan satelit Inertial Navigation System. Tejas selain dapat menembakkan rudal udara-ke-udara juga memiliki sistem computer-based attack (computer serang darat) yang dapat menyebarkan bom dan precision guided munitions.

DefenceWorld