Pasukan Komando Garud (Garuda) Butuh Rompi Anti Peluru Modern

Foto : Wikipedia

Angkatan Udara India (IAF) saat ini sedang mencari jaket anti peluru yang lebih baik dari jaket anti peluru lawas untuk Pasukan Komando ‘Garud’.

Diharapkan jaket anti peluru dapat memberikan perlindungan dari terjangan peluru kaliber 7.62 mm yang ditembakkan dari senapan AK-47 atau senapan serbu lainnya.

Sampai sekarang, Garud masih menggunakan jaket anti peluru yang besar, yang sangat tidak efektif dari peluru yang ditembakkan dari jarak dekat. Jaket anti peluru tersebut juga terlalu berat sehingga dikhawatirkan menghambat pergerakan pasukan komando saat melakukan operasi penyerbuan teroris.

Komando Garud sebelumnya sudah mencoba untuk mendapatkan jaket anti peluru, tetapi selama ini belum ada yang memenuhi persyaratan dan standar yang diinginkan pihak Komando.

Selain itu Garud juga membutuhkan senapan serbu lain yang lebih kuat. Saat ini pasukan komando masih menggunakan senapan serbu Tavor yang diimpor dari Israel dan saat ini pembelian lebih banyak senapan serbu Tavor masih dalam proses pegadaan.

IAF juga memiliki rencana untuk menambah jumlah Pasukan Komando Garud, dan juga menginginkan mendapatkan pelatihan dan pengalaman dalam tugas khusus anti-terorisme di laut dengan negara-negara asing.

Setidaknya sekitar 1000 lebih personel tentara dibutuhkan oleh IAF untuk digembleng menjadi pasukan Khusus Garud karena India menginginkan pangkalan udaranya mendapatkan tingkat keamanan yang kuat dan lebih baik.

DefenceWorld