Hancurnya Tank Leopard 2A4 Bisa Jadi Hanya Propaganda Perang

Beberapa hari lalu militan ISIS merilis video dan foto-foto kehancuran tank Leopard 2A4 dan kendaraan lapis baja Turki di dekat kota Al Bab Suriah. Video dan foto tersebut membuktikan bukan hanya senjata anti tank atau alat peledak improvisasi yang berbahaya, tapi juga ‘propaganda’ dari ISIS.

Lalu apa sebenarnya penyebab hancurnya tank Leoparad 2A4 Turki dengan sangat mengerikan? Hangus, menghitam, hancur dengan turret yang terpisah jauh? Sehingga kemudian timbul asumsi, tank Leopard ternyata mudah dihancurkan, sedangkan tank T-90 Rusia lebih baik karena pernah ditembak rudal panggul namun tanpa kerusakan berarti, atau tank Leopard ternyata cacat produksi karena lapisan baja yang lemah pada bagian tertentu, sebagian lagi beranggapan militer Turki tidak profesional karena membiarkan tank bertempur sendirian tanpa dukungan infrantri dan perlindungan udara.

Sangat sulit menilai hasil pertempuran dari penggalan video dan foto-foto tanpa mengetahui persis jalannya pertempuran secara langsung. Jadi apa sebenarnya yang terjadi dengan tank Leopard 2 pada bulan lalu di Suriah?

Sangat mungkin ISIS hanya tertarik menyebarkan video dan gambar tank hancur sebagai propaganda. Satu tank Leopard pertama 2A4 Angkatan Darat Turki hancur atau setidaknya rusak berat dalam pertempuran di bulan Desember. Di atas adalah screenshot dari salah satu pertempuran pertama, dan di bawah ini adalah foto yang berbeda – semua sebenarnya menunjukkan dua tank yang hancur adalah satu tank yang sama.

Nah itulah propaganda, dengan menggunakan posisi kamera yang berbeda dan pengambilan pada hari yang berbeda, dan kemudian dirilis sebagai keberhasilan karena telah menghancurkan enam tank, sementara pada kenyataannya hanya dua hancur (atau lebih tepatnya satu hancur, sementara satu tank lainnya rusak berat dan ditinggalkan).

Gambar di atas menunjukkan sebuah tank diledakkan amunisi ATGM di atas. Setidaknya ada tiga foto berbeda yang sebenarnya merupakan satu tank.

Sebelumnya diketahui, militan ISIS telah berhasil merebut hingga tiga tank Leopard, dimana salah satu tank mengalami kerusakan berat pada rantai rodanya.

Sangat mungkin tank rusak inilah yang diledakkan dengan memasukkan bahan peledak ke dalam tank hingga mengalami kehancuran total, dan dipropaganda seolah-olah berhasil diledakkan dengan satu tembakan rudal panggul anti tank.

Menurut laporan, satu tank Leopard yang direbut militant ISIS berhasil diledakkan oleh pesawat tempur F-16 Turki. Sebuah foto yang memperlihatkan tank Leopard 2A4 dengan turret terlepas dari lambung dibagi di Twitter pada bulan Desember 2016. Meskipun belum diketahui persis, tank ini adalah salah satu dari dua tank hancur di atas.

Tidak diketahui persis nasib yang sebenarnya pada tank yang hancur lebur. Apakah ditinggalkan oleh tentara Turki dan kemudian dihancurkan oleh serangan udara? Apakah tank direbut oleh ISIS dan kemudian dihancurkan oleh pasukan Turki? Atau apakah ISIS meledakkannya untuk video propaganda?

Itu sebabnya berspekulasi tentang bagaimana sebenarnya jalannya pertempuran hanya berdasarkan foto dari bangkai tank tidak masuk akal. Siapa yang tahu berapa banyak tank tersebut mendapat tembakan dari rudal anti tank sebelum hancur? Atau mungkin tank tidak mengalami kerusakan akibat pertempuran tapi memang mengalami kerusakan sebelum pertempuran sehingga ditinggalkan ? tidak ada yang tahu.

Berapa banyak video yang beredar yang menunjukkan tank Abrams Arab Saudi tertembak rudal ATGM, dengan tampilan tank yang terlihat tenang di tempat terbuka tanpa melakukan pergerakan sama sakali saat rudal mendekat? Bahkan tanpa terlihat dukungan dari infrantri atau unik mekanik lainnya?

Apa yang tidak disadari dalam konteks ini adalah bahwa ISIS ataupun teroris lainnya hanya akan menampilkan serangan yang sukses – itulah cara propaganda bekerja – dan berapa kali serangan rudal anti tank mereka gagal atau meleset, ataupun gagal menembus lapisan baja? yang tidak akan disebar luaskan karena akan merugikan mereka.

Menurut sumber dari militer Turki, total sepuluh tank Leopard 2A4 tank, satu M60T Sabra dan empat kendaraan lainnya mengalami kerusakan di daerah sekitar Al-Bab. Satu tank Leopard 2 mengalami kerusakan pada rantai roda dan satu tank hilang (dua tank ini yang mungkin direbut ISIS). Dua tank lainnya rusak akibat ledakan bom IED, salah satunya mengalami kerusakan berat. Sebuah tank rusak akibat serangan mortir, sementara lima tank Leopard 2A4 rudak akibat serangan rudal ATGM – saat itu tidak satupun tank yang benar-benar hancur akibat rudal ATGM.

below-the-turret-ring.blogspot.co.id