Mereka-Mereka yang Dikagumi Megawati

PagelaranTeater Kebangsaan ‘Tripikala’ (Kantor Staf Presiden @KSPgoid)

Jakarta – Ketua Umum PDI Perjuangan menghadiahkan buku karya para jurnalis berjudul “Megawati dalam Catatan Wartawan Bukan Media Darling Biasa” kepada mantan ajudannya yang kini menjadi Kepala BIN Jenderal Polisi Budi Gunawan.

Pemberian hadiah buku yang ditulis oleh para jurnalis peliput aktivitas Presiden RI ke-5 itu dilakukan bersamaan dengan perayaan ulang tahun Megawati Soekarnoputri di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat, Senin, 23/1/2017.

Selain Budi Gunawan (BG), Megawati juga menghadiahkan buku serupa kepada Presiden Joko Widodo, calon Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti serta penyanyi dan pencipta lagu senior Titiek Puspa.

Menurut Mega, masing-masing tokoh yang dihadiahi buku tersebut memiliki kenangan dan pengaruh yang kuat dalam kehidupannya.

BG diakuinya sebagai sosok yang telah memberikan sumbangsih yang besar sehingga kini dipercaya oleh Presiden Jokowi untuk menempati posisi penting sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Pada kesempatan itu, BG bahkan sempat mencium tangan Megawati sesaat sebelum menerima hadiah buku tersebut.

Sementara Ahok dianggapnya sebagai pemimpin yang benar dan mau bekerja.

“Mau cari pemimpin beneran saja, cari pemimpin seperti beliau yang memang bisa memimpin, saya memilih dia, saya mendukung dia,” kata Megawati sambil berdiri di atas panggung bersama para tokoh yang dihadiahinya buku termasuk para jurnalis penulis buku tersebut.

Sedangkan Susi dianggapnya sebagai sahabat sekaligus seseorang yang memiliki jiwa “preman” sebagaimana dirinya.

Titiek Puspa dikagumi Mega karena suaranya dan lagu-lagunya yang legendaris.

Mega menyambut baik buku karya jurnalis yang ditulis salah satunya oleh jurnalis LKBN Antara Budi Setiawanto itu.

Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-70 tahun atau Mega menyebutnya sebagai ulang tahun ke nol tujuh (07) itu, Mega menggelar panggung seni, yakni Pagelaran Teater Kebangsaan “Tripikala” yang disutradarai oleh Agus Noor dan Djaduk Ferianto sebagai penata musik.

Beberapa pemerannya yang terlibat, yakni Butet Kartaredjasa, Cak Lontong, Arie Keriting, Edo Kondologit, Happy Salma, Endah Laras dan Sruti Respati.

Turut hadir menyaksikan pagelaran tersebut, Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-11 Boediono, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Selain itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan Kepala BIN Jenderal Pol Budi Gunawan.

Antara