Kemenkopolhukam Survei Lokasi Peluncuran Satelit Biak

Komponen Air Launch (Foto: Mikhail Tsyganov)

Biak – Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan menyurvei dan menginventarisasikan keunggulan Pulau Biak, Papua, yang akan dijadikan lokasi peluncuran satelit.

Wakil Bupati Biak Herry Ario Naap, Selasa mengatakan, letak Biak sangat strategis sehingga menjadi pilihan tempat peluncuran satelit.

Pada tahun 2006 Biak juga pernah diprogramkan menjadi tempat peluncuran satelit, tetapi tidak terlaksana karena berbagai alasan.

“Pemkab Biak Numfor akan mendukung kelanjutan program menjadikan Biak sebagai tempat peluncuran satelit,” ujar Wabup Herry Ario Naap pada penerimaan kunjungan tim survei Kemkopolhukam.

Asdep II/VII Bidang Telekomunikasi dan Informatika Kemkopolhukam Marsekal Pertama DR Sigit Priyono mengatakan, kunjungan Kemkopolhukam untuk merevitalisasi program teknologi informasi di Kabupaten Biak Numfor.

Dengan memasuki era digital kedepan, perlu disiapkan Biak sebagai lokasi peluncuran satelit untuk masa depan kepentingan NKRI.

“Biak Numfor sangat dekat dengan khatulistiwa sehingga pulau ini punya banyak keunggulan dibanding dengan daerah lain,” ujar Sigit.

Dia berharap, apa yang pernah dirintis pemerintah untuk menjadikan Pulau Biak sebagai tempat peluncuran satelit perlu mendapat dukungan dari semua elemen masyarakat, pemuka adat dan kelompok masyarakat adat Nusantara.

Pertemuan Tim Survei Kemkopolhukam di Biak ditandai pemaparan visi misi dan kebijakan strategis Pemkab Biak Numfor oleh Pelaksana Tugas Sekda Dr Enias Rumbewas.

Antara