DCNS dan PGZ Tandatangani MoU Program Kapal Selam Orka Polandia

Polska Grupa Zbrojeniowa (PGZ) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan galangan kapal DCNS Perancis yang mengarah pada pembangunan bersama kapal selam di Polandia.

Menurut Navy Recognition, penandatanganan perjanjian tersebut menjamin PGZ dan galangan kapal yang dimilikinya berpartisipasi dalam pembangunan kapal selam di Polandia”, kata General Manager PGZ, Arkadiusz Siwko dalam sebuah pernyataan. Galangan Kapal Polandia (SMW) bergabung dengan PGZ pada tahun 2015.

Polandia saat ini sedang mempertimbangkan beberapa usulan dari Saab, DCNS dan TKMS untuk program kapal selam Orka. Saab menawarkan A26, DCNS menawarkan Scorpene dan TKMS menawarkan Type 212A. Berdasarkan rencana, tiga kapal selam baru yang akan disampaikan pada tahun 2023.

Pada Oktober tahun lalu, Saab menandatangani MoU dengan PGZ untuk “pengembangan kerjasama yang erat antara Saab dan PGZ dalam perencanaan dan pelaksanaan program Angkatan Laut Polandia, termasuk konstruksi kapal permukaan dan kapal selam untuk Angkatan Laut Polandia dan pelanggan ekspor”.

Pada bulan Juni 2016, Angkatan Laut Jerman dan Polandia menandatangani perjanjian yang akan mengarah pada pembentukan bersama “Submarine Operating Authority”.

Video kapal selam diesel-listrik Scorpene pada Pameran Militer Balt 2016

JakartaGreater