Filipina Evaluasi Kapal Selam Kilo class

Sekretaris Departemen Pertahanan Nasional (DND) Delfin Lorenzana mengatakan Filipina sekarang sedang mengevaluasi tawaran dari Rusia yang ingin menjual kepada Filipina beberapa kapal selam diesel elektrik cangih.

Sebelumnya Kementerian Pertahanan Filipina menyatakan masih mempertimbangkan kebutuhan kapal selam untuk memodernisasi militernya, dan juga kemampuan negara untuk membeli, mengoperasikan dan memelihara kapal selam, sebuah platform persenjataan yang sangat mahal.

Namun, Lorenzana mengatakan kapal selam diesel elektrik buatan Rusia dianggap sebagai salah satu kapal selam terbaik di dunia. Enam kapal selam Kilo class buatan Rusia saat ini sudah dioperasikan oleh Angkatan Laut Vietnam.

Angkatan Bersenjata Filipina diharapkan untuk mengakuisisi kapal selam diesel elektrik sendiri di bawah Program AFP Modernization yang kini memasuki Horizon ke-2 yang dimulai pada tahun 2018 dan berakhir pada tahun 2022.

Kapal selam diesel elektrik Kilo memiliki kemampuan sebagai kapal selam anti kapal permukaan dan anti-kapal selam di perairan yang relatif dangkal.

PNA