Menteri Pertanian Bersama Kasad Resmikan SP3T di Jawa Timur

Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman bersama Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono meresmikan Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) di Desa Denanyar Jombang, Jawa Timur, Jumat (27/1).

Dalam sambutannya, Amran mengatakan bahwa adanya bantuan Alat Instruksi Pertanian (Alsintan) yang pendistribusiannya dikoordinir oleh Kodim telah meningkatkan pendapatan hasil panen petani dari Rp. 2700/kg menjadi Rp. 4000/kg.

“Kodim sudah bergerak melakukan pemindahan transformasi sosial untuk menyelamatkan petani. Saya memberikan apresiasi kepada TNI karena sudah menerapkan ilmu pertanian lebih cepat ke depan. Ini suatu hal yang luar biasa sehingga kita tidak lagi impor beras dari luar,” ujar Amran.

Sementara itu, Jenderal Mulyono mengatakan bahwa TNI bergerak untuk mempelopori, memfasilitasi, memotivasi dan membuat suatu uji coba SP3T, dengan harapan petani dapat menggarap sawahnya dengan maksimal, tanpa ragu-ragu dan tidak perlu khawatir cuaca hujan saat panen.

“Kalau nanti panen, rakyat tidak usah khawatir karena saat ini kita sudah mempunyai alat pengering padi. TNI selalu peduli dan dapat mendampingi petani tentang penggunaan alat, pupuk, benih dan irigasi, agar petani dapat melaksanakan pengolahan pertanian dengan maksimal, agar petani dapat hidup sejahtera dan dapat mengurangi angka kemiskinan masyarakat,” kata Kasad.

Mentan RI Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, MP, bersama Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, didampingi Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo, S.H., M.Hum, Pangdam V/Brw Mayjen TNI I Made Sukadana, dan seluruh Dandim se-Indonesia beserta segenap pejabat Pemda Jawa Timur meninjau pembibitan, hasil panen dan alat pengering padi. (Puspen TNI)

Usai meresmikan SP3T, Menteri Pertanian bersama Kasad, didampingi Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Pangdam V/Brw Mayjen TNI I Made Sukadana, dan seluruh Dandim se-Indonesia beserta segenap pejabat Pemda Jawa Timur meninjau pembibitan, hasil panen dan alat pengering padi.

Sumber: Puspen TNI