Rusia Tingkatkan Jangkauan Brahmos untuk India

Rudal Brahmos India (Anirvan Shukla / Wikimedia Commons)

Reutov – Pada akhir 2016, Menteri Pertahanan India Subhash Bhamre mengumumkan bahwa India dan Rusia sepakat untuk meningkatkan jangkauan rudal BrahMos sekitar 300 kilometer (185 mil), sehingga menggandakan jangkauannya saat ini. Presiden Rusia Vladimir Putin juga menyatakan bahwa rudal bersama ini akan ditingkatkan setelah kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan puncak bilateral tingkat tinggi di Goa Oktober lalu.

India bergabung dengan Missile Technology Control Regime (MTCR) pada tahun 2016, sehingga membuka jalan untuk meningkatkan jangkauan rudal-nya. Rusia, yang menjadi anggota sejak tahun 1990-an, tidak bisa memasok rudal dengan jangkauan lebih dari 300 kilometer dan dengan muatan lebih dari 500 kilogram (1.100 pon) ke India di bawah kondisi MTCR.

Rudal BrahMos mengacu pada rudal jelajah P-800 Oniks (Yakhont) Rusia, diproduksi bersama oleh India’s Defence Research and Development Organisation (DRDO), dapat diluncurkan dari kendaraan angkatan laut, termasuk kapal selam, serta pesawat dan peluncur berbasis darat. Rudal dua tahap ini dipersenjatai dengan hulu ledak 200 dan 300 kilogram.

Sputniknews.com