Trump Investasi 1 Miliar Dolar di Bali

Presiden AS, Donald Trump

Denpasar – Ketua Kamar Dagang dan Industri Bali Anak Agung Alit Wiraputra mengatakan Presiden AS Donald Trump memiliki investasi 1 miliar dolar AS di sektor perhotelan di Bali yang diharapkan membuka peluang investasi di tengah isu proteksionisme.

“Dia (Presiden Trump) mengucurkan satu miliar dolar ke Bali,” ujarnya ditemui saat menghadiri pelantikan pengurus Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) Bali di Denpasar, Senin.

Alit menyebutkan investasi ini dialokasikan untuk perhotelan di kawasan Tanah Lot, Kabupaten Tabanan bersama dengan petinggi MNC Group Hary Tanoe, serta investasi di Nusa Dua dan Tanjung Benoa serta salah satu kabupaten di Bali.

Dia menyakini, dengan adanya investasi di Bali, maka Presiden AS ke-45 itu tidak akan merusak hubungan perdagangan dengan Indonesia.

“Dia (Presiden Trump) punya investasi di sini, tidak mungkin dia mematikan kita,” ucapnya.

Dengan adanya penanaman modal di Bali itu Alit menangkap hal tersebut sebagai peluang ekonomi bagi Bali dan Indonesia.

“Bali bisa menjadi pintu keluar masuk hubungan AS dan Indonesia,” ucapnya.

Terkait kebijakan proteksionisme perdagangan dalam negeri AS yang kerap dilontarkan Presiden Trump, Alit memperkirakan hal tersebut hanya wacana saat masa kampanye.

Selain itu Indonesia, lanjut dia, akan aman dari proteksionisme karena hal tersebut diberlakukan bagi negara-negara tertentu seperti Arab dan China.

Antara