Militer Filipina Tewaskan 5 Anggota Abu Sayyaf

The Philippines Army Scout Ranger (Musang) the counter-guerrilla warfare unit (credit : Vakeh @VakehElfa)

Zamboanga – Tentara Pemerintah Filipina menewaskan lima anggota Abu Sayyaf sementara sembilan orang lainnya, termasuk dua prajurit, cedera dalam baku-tembak pada Selasa, di daerah pedalaman Sulu di Filipina Selatan, ujar seorang pejabat keamanan, 31/1/2017.

Tentara dari Scout Ranger Angkatan Darat Filipina mulanya berhadapan dengan banyak anggota Abu Sayyaf yang dipimpin oleh Alhabsy Misaya di Desa Pugad Manaul, Kota Kecil Panamao, kata Lt. Kol. Franco Raphael Alano, penjabat Juru Bicara Komando Mindanao Barat.

Alano mengatakan petempur Abu Sayyaf mundur dengan sejumlah korban jiwa setelah baku-tembak selama 30 menit.

Dia mengatakan pertempuran berkecamuk saat tentara dari Batalion Infantri Ke-1 melacak kelompok Abu Sayyaf yang mundur, sehingga memicu baku-tembak selama hampir satu jam.

“Pihak lain menderita kehilangan anggota,” kata Alano.

Alano juga mengatakan tentara telah melakukan perburuan untuk menyelamatkan sisa 27 sandera yang masih ditawan oleh kelompok Abu Sayyaf.

Militer Filipina melancarkan operasi habis-habisan terhadap gerilyawan dan berencana mengalahkan kelompok gerilyawan tersebut dalam enam bulan berdasarkan perintah Presiden Rodrigo Duterte.

Antara/Xinhua-OANA