Kapal Induk Kedua Cina Mulai Terbentuk

Kapal induk pertama buatan dalam negeri CIna (photo : sina.com)

Beijing – Kapal induk kedua Cina mulai terbentuk setelah dibangun selama dua tahun sembilan bulan, ujar media setempat. Kapal induk ini diperkirakan mengkhawatirkan Taiwan dan negara tetangga lain terkait peningkatan kemampuan militer Beijing.

Pembangunan kapal induk Shandong, yang merupakan nama provinsi di pantai timur Cina, dimulai pada 2014, ujar stasiun televisi dan radio Shandong, Selasa (31/1/2017). Shandong, kapal induk pertama buatan dalam negeri Cina mulai terbentuk, namun tidak memberikan informasi lanjut kapan kapal itu akan rampung. Kapal ini dibangun di pelabuhan Dalian.

Kapal induk pertama Cina, Liaoning dibeli dari Ukraina pada 1998 dan dimodifikasi di Cina.

Pada Januari 2017, satu armada kapal perang Cina yang dipimpin kapall Liaoning, melakukan uji coba persenjataan dan perlengkapan di Laut Cina Selatan, yang disebut sebagai sebuah latihan rutin oleh Kementerian Luar Negeri Cina yang mematuhi ketentuan internasional.

Kapal induk pertama buatan dalam negeri CIna (photo : sina.com)

Armada kapal perang itu berlayar melalui perairan di bagian selatan jepang dan kemudian mengitari bagian timur dan selatan Taiwan pada Desember lalu dalam perjalanannya menuju provinsi Hainan. Namun, Cina masih belum dapat menyamai kemampuan operasi Amerika Serikat yang telah dijalankan selama puluhan tahun.

Peresmian Shandong nantinya akan lebih memberikan ancaman bagi Taiwan, yang diklaim sebagai wilayahnya oleh Beijing, begitu pula terhadap sejumlah negara tetangga lainnya seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam yang memiliki klaim bertabrakan terhadap Laut Cina Selatan.

Antara