Jerman Akan Terima Lebih Banyak TPz Fuchs 1A8 Tahun 2017

JERMAN – Rheinmetall MAN Military Vehicles (RMMV) akan mengirimkan batch pertama dari 90 unit Transportpanzer (TPz a.k.a. APC) Fuchs (Fox) 6×6 tambahan yang telah ditingkatkan ke standar 1A8 terbaru, pada tahun 2017. (IHS Jane, Senin)

Transportpanzer (TPz) Fuchs 1A8 6×6 upgrade telah dikerahkan ke Mali. Dilengkapi RWS Krauss-Maffei Wegmann FLW 200 dengan penstabil senapan mesin M2 HB kaliber .50. (Foto: Rheinmetall)

Kontrak yang diberikan oleh Kantor Federal Layanan Pendukung, Peralatan dan Informasi Teknologi, senilai lebih dari EUR 100 juta (USD 107  juta). Pengiriman akhir akan diselesaikan pada tahun 2020.

Kontrak meliputi upgrade APC tambahan, pos komando, dan kendaraan pembuang bahan peledak (EOD), ditambah opsi untuk kendaraan Pendukung Serangan Gabungan Terkoordinasi baru.

Dalam kontrak sebelumnya RMMV meningkatkan sejumlah varian Fuchs (Fox) sebelumnya menjadi standar 1A8 termasuk APC, Ambulans Tempur, Kendaraan Pos Komando, EOD, dan NBC Pengintai.

Kendaraan yang ditingkatkan dilengkapi dengan lengan teleskopik, bersama unsur-unsur lain yang mencakup sistem remote control Wiesel 1 dilengkapi dengan radar penembus tanah.

Konfigurasi 1A8 memiliki banyak perbaikan dari versi sebelumnya termasuk tambahan pelindung lapis baja pasif untuk memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi terhadap ranjau dan bom rakitan. Semua kru memiliki kursi peredam ledakan yang tidak melekat pada lantai.

Modifikasi lainnya termasuk memperkuat lapis baja pelindung lambung, housing roda diperkuat, mounting pintu dan jendela serta tambahan kotak penyimpanan eksternal untuk melegakan ruang kompartemen pasukan.

Saat awal diperkenalkan Fuchs dipersenjatai dengan senapan mesin MG3 7,62 mm yang terlindungi pada sisi kanan depan, tapi ini kemudian digantikan oleh stasiun senjata terlindungi namun dengan senjata yang sama.

Beberapa upgrade Fuchs 1A8 kini telah dilengkapi dengan RWS Krauss-Maffei Wegmann FLW 200 yang telah disediakan untuk melengkapi peralatan pemerintah. RWS terletak pada alas yang diperbsar di atap kendaraan dan dipersenjatai senapan mesin M2 HB kaliber .50 dengan penstabil dan paket sensor siang/malam.

JakartaGreater