Pesawat Garuda Tergelincir di Bandara Adisutjipto

Pesawat Boeing B737 – 800 (Garuda Indonesia GA 258) keluar landasan sesaat setelah mendarat di Bandara Adisutjipto. (credit photo : Ditjen Hubud @djpu151)

Sleman – Pesawat Garuda dengan Nomor Penerbangan GA 258 PK-GNK tergelincir saat mendarat di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Rabu, sekitar pukul 19.50 WIB.

Menurut saksi mata yang juga karyawan sebuah cargo di Bandara Adisutjipto, pesawat tergelincir di area parking stand 1 dan 2. “Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut,” katanya.

Danlanud : Cuaca Dalam Parameter

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Adisutjipto Yogyakarta Marsekal Pertama TNI Novyan Samyoga menyebutkan saat pesawat Garuda GA 258 tergelincir di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Rabu malam, kondisi cuaca masih dalam parameter.

“Kejadian sekitar pukul 19.50 WIB, pesawat mengalami tergelincir keluar landasan, di 09 dengan visibility 2.000 meter, kecepatan angin antara 6 hingga 10 knot, sehingga semua dalam parameter,” kata Novyan Samyoga di Bandara Adisutjipto, Rabu malam.

Menurut dia, ada hal tertentu yang membuat seluruh badan pesawat keluar landasan. “Lokasi tergelincir 700 meter dari runway 27 atau sudah 1.500 meter dari pertama kali landing,” katanya.

Ia mengatakan semua penumpang selamat dan dapat turun dari pesawat dengan normal menggunakan tangga.

“Namun karena lokasi tergelincir dekat dengan ‘runway’, runway ditutup untuk keberangkatan dan penerbangan karena psoisi pesawat terlalu dekat,” katanya.

Novyan mengatakan kondisi ini cukup krusial sehingga perlu dilakukan tindakan cepat. “Badan peswat segera dievakuasi agar landasan segera dibuka kembali,” katanya.

Ia mengatakan pesawat Garuda dengan tujuan Jakarta/Cengkareng – Yogyakarta tersebut membawa 115 penumpang, empat di antaranya balita.

Pesawat Garuda Indonesia GA 258, keluar landasan sesaat setelah mendarat di Bandara Adisutjipto. (credit photo : Ditjen Hubud @djpu151)

Angkasa Pura : Seluruh Penumpang Selamat

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama menyatakan seluruh penumpang Pesawat Garuda Boing 737 dengan Nomor Penerbangan GA 258 PK-GNK yang tergelincir di bandara setempat, Rabu malam, dalam kondisi selamat.

“Semua penumpang dalam kondisi selamat dan tidak ada yang mengalami cedera,” kata Agus Pandu di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Rabu malam.

Dia menjelaskan sebagian penumpang sudah kembali ke rumah masing-masing dan ada beberapa yang ditampung di Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

“Semuanya sudah dievakuasi dan sudah ada yang pulang ke rumah masing-masing,” katanya.

Ia mengatakan atas kejadian tersebut “runway” ditutup sampai proses evakuasi badan pesawat selesai.

“Sedangkan untuk evakuasi masih menunggu peralatan dari Surabaya, diperkirakan malam ini bisa sampai dan langsung dilakukan evakuasi,” katanya.

Agus mengatakan untuk seluruh pesawat yang tertunda sudah koordinasi dengan masing maskapai penerbangan untuk melakukan penundaan keberangkatan sesuai prosedur berlaku.

“Sesuai prosedur penumpang yang tertunda keberangkatannya diberi fasilitas penginapan dan lainnya,” ujarnya.

Antara