4 Satuan Radar Tambahan Papua Hingga Maluku

Radar Thomson TRS 2215 R TNI AU (istimewa)

Biak – Markas Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional IV Biak, Papua berencana menambah empat satuan radar (Satrad) dalam upaya memenuhi kebutuhan pengawasan pengamanan wilayah udara paling Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional IV Kolonel Pnb H Dumax Dharma menjawab Antara di Biak, 1/2/2017 mengakui, rencana penambahan empat satuan radar akan disebar di wilayah Papua dan Maluku Utara diharapkan dapat direalisasikan secara bertahap Kosek Hanudnas IV.

Dengan luas wilayah operasional Kosek Hanudnas IV hingga ke wilayah Papua dan Maluku dan Maluku Utara ,menurut Pangkosek Hanudnas IV Kolonel Dumax, maka idealnya Kosek Hanudnas IV harus mempunyai delapan satuan radar TNI Angkatan Udara.

Empat satuan radar yang ditargetkan untuk direalisasikan Kosek Hanudnas IV, lanjut Kolonel Dumax, diantaranya di Jayapura, Morotai serta dua kabupaten lainnya di wilayah Kosek Hanudnas IV.

“Ya hingga saat ini kami baru merealisasikan empat satuan radar TNI Angkatan Udara yang tersebar di Biak, Merauke, Timika dan Saumlak,” ungkap Pangkosek IV Hanudnas Kolonel Dumax.

Pangkosek Dumax menyebut, kehadiran satuan radar di sejumlah wilayah Provinsi Papua dan Provinsi Maluku sangat strategis sebab menjadi mata dan telinga TNI Angkatan Udara dalam mengawal kedaulatan teritorial NKRI dari Sabang hingga Merauke.

Dengan dioperasikan satuan radar dibawah kendali operasional Kosek Hanudnas IV, menurut Kolonel Dumax, sudah mampu mendeteksi setiap pergerakan pesawat udara yang melintas di wilayah Papua dan papua Barat hingga Maluku.

Menyinggung Biak akan dijadikan lokasi peluncuran satelit, menurut Dumax, ia sendiri belum mendapat informasi tentang Biak dijadikan lokasi peluncuran satelit karena baru beberapa hari menjabat Pangkosek Hanudnas IV Biak.

“Saya penjabat baru Pangkosek Hanudnas IV hingga saat ini belum menerima laporan apakah benar Biak akan dijadikan peluncuran satelit,” tegas pilot penerbang Helikopter mantan Gubernur Papua Barnabas Suebu.

Berdasarkan data sebelum dipromosi menjabat Pangkosek Hanudnas IV Biak Kolonel Pnb H Dumax Dharma lulusan AAU tahun 1988 menjabat Asren Kas Koopsau I.

Antara