Sering Keliru Membedakan Su-35 dan Su-27 ? Ini Trik Mudahnya

Pesawat tempur Su-27 dan Su-35 berbentuk sangat mirip, bahkan sepintas keduanya tidaklah berbeda, baik pada kanopi, sayap depan, sayap vertikal dan frame body secara keseluruhan.

Seperti kita ketahui Su-35 merupakan pengembangan dan peningkatan lebih lanjut dari Su-27. Mengambil basic dari Su-27, desain Su-35 tidaklah jauh berbeda. Dan untuk membedakan keduanya ada beberapa ciri dan desain khusus yang bisa kita jadikan patokan secara mudah.

1.Yang termudah adalah pada roda pendarat didepan. Su-27 menggunakan satu roda pendarat didepan, sedangkan Su-35 menggunakan roda pendarat double, terutama untuk mengakomodir beban radar, avionic dan persenjataan yang lebih berat.

2. Bentuk kedua hidung pesawat tempur sedikit berbeda. Pada Su-27 cenderung besar untuk mengkomodir radar N001 VEP yang besar. Berbeda dengan Su-35 yang berdesain hidung lebih tajam dan lancip.

3. Perbedaan lainnya pada probe pengisian bahan bakar. Su-35 dilengkapi probe pengisian disamping kiri kokpit, sedangkan pada Su-27 sebagian besar tidak dilengkapi probe pengisin bahan bakar. Hanya pada beberapa tipe sepeti Su-27 Indonesia produksi pabrikan KNAAPO yang sudah dilengkapi dengan perangkat tersebut.

4. Perbedaan lainnya pada perangkat IRST (infra-red search and tracking). Su-27 menggunakan IRST tepat di center depan kokpit pilot, berbeda dengan Su-35 yang menggunakan IRST sedikit disisi kanan kokpit.

5. Perbedaan lainnya terlihat disisi kanan dan kiri kokpit Su-27 yang dilengkapi antena avionic yang terlihat menonjol, hal tersebut tidak ditemukan pada Su-35 yang berdesain mulus dengan desain antenna yang mungil.

6. Perbedaan lainnya pada desain punggung atas Su-27 yang terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan Su-35 yang memiliki bentuk punggung yang ramping.

7. Perbedaan lainnya bisa dilihat pada tonjolan ekor diatas knalpot mesin kedua pesawat yang berbeda. Pada Su-27 terlihat adanya tambahan tonjolan disamping kanan dan kiri, sedangkan pada Su-35 terlihat mulus dengan hanya ada tonjolan kecil.

Foto Su-35 diatas adalah Su-35 China yang baru tiba beberapa waktu yang lalu, dan dengan sedikit mengetahui perbedaan keduanya secara kasat mata, setidaknya akan mudah diketahui apabila suatu saat giliran ada Su-35 yang ternyata sudah menghuni hanggar-hanggar di pangkalan udara Indonesia.

JakartaGreater

Komentar ditutup.