Penerbang Muda TNI AU Ikuti Transisi F-16 dan KPTPT T-50i Golden Eagle

(tni.mil.id)
Sebanyak 2 orang penerbang muda TNI Angkatan Udara mengikuti pendidikan transisi pesawat tempur F-16 angkatan XVIII. Selain itu, terdapat pula 10 orang penerbang yang mengikuti kursus pengenalan terbang pesawat tempur dengan menggunakan pesawat T-50i.

Pendidikan transisi angkatan XVIII Pesawat F-16 Fighting Falcon dan Kursus Pengenalan Terbang Pesawat Tempur (KPTPT) angkatan ke-III pesawat T-50i Golden Eagle tersebut dibuka oleh Komandan Lanud Iswahjudi Marsekal Pertama TNI Andyawan, di Ruang Rapat Mako Lanud Iswahjudi, pada Jumat (27/1).

Marsekal Pertama Andyawan menjelaskan bahwa Transisi XVIII pesawat F-16 Fighting Falcon dan KPTPT III T50i Golden Eagle bagi penerbang muda setelah lulus dari Sekbang TNI Angkatan Udara yang dijuruskan ke penerbang tempur, merupakan salah satu program kaderisasi untuk memenuhi kebutuhan personel penerbang yang telah ditentukan dalam rangka pelaksanaan program regenerasi dan pemenuhan penerbang tempur TNI Angkatan Udara.

Pada akhir sambutannya, Komandan Lanud Iwj menekankan tentang keamanan dan keselamatan penerbangan. Jangan sekali-kali melupakan prosedur yang seharusnya dilakukan, karena bagaimanapun situasi dan kondisi yang berkembang, keamanan dan keselamatan terbang dan kerja harus menjadi prioritas utama dalam setiap kegiatan.

Sumber: TNI