DSNS Berikan Sigma PKR 10514 Pertama ke Kementerian Pertahanan Indonesia

(www.damen.com)
Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) telah menyerahkan SIGMA Perusak Kawal Rudal (PKR) 10.514 pertama kepada Kementerian Pertahanan Indonesia, sesuai dengan jadwal dan anggaran. Upacara berlangsung di galangan kapal PT PAL Surabaya, lokasi kapal itu dirakit. Kementerian Pertahanan Indonesia memberikan kontrak kepada Damen sebagai kontraktor utama untuk pembangunan SIGMA PKR 10514 pertama pada bulan Desember 2012. Saat menerima kapal, bernama Raden Eddy Martadinata yang merupakan salah satu pendiri Angkatan Laut Indonesia, Kementerian menyerahkannya kepada Angkatan Laut.

Dengan panjang 105 meter dan bobot 2.365 ton, fregat PKR ini dirancang untuk melakukan berbagai misi di dalam dan di sekitar perairan Indonesia, sebuah negara kepulauan yang terdiri lebih dari 18.000 pulau. Misi utamanya adalah anti-air, anti-permukaan dan peperangan anti-kapal selam. Namun, kapal juga dilengkapi untuk keamanan maritim, pencarian dan penyelamatan, dan tugas bantuan kemanusiaan.

Raden Eddy Martadinata dibangun menggunakan proses modular kolaboratif beroperasi secara simultan pada Damen Schelde Naval Shipyard (DSNs) di Belanda dan galangan kapal PT PAL. Kapal ini terdiri dari enam modul, dan untuk Raden Eddy Martadinata empat dibangun di PT PAL sementara dua modul lain – pembangkit listrik dan jembatan & pusat komando – dibangun dan sepenuhnya diuji di DSNs sebelum dikirim untuk perakitan akhir di PT PAL.

Proses ini membawa banyak manfaat lainnya, termasuk memungkinkan Damen untuk membangun kapal kualitas terbaik di mana saja di dunia. Ini juga merupakan cara terbaik bagi Damen untuk memenuhi kewajiban kontrak kepada Kementerian Pertahanan Indonesia untuk memberikan program pengetahuan dan transfer teknologi yang luas. Hal tersebut memiliki tujuan eksplisit mendirikan pusat keahlian pembuatan kapal angkatan laut di galangan kapal PT PAL. Dengan bekerja sama pada dua kapal pertama, transfer keterampilan dan peningkatan halaman berlangsung lancar dan dengan semangat yang kuat dalam kerja sama.

Pembangunan kapal kedua menggunakan prosedur yang sama kini juga maju dengan uji coba laut pada Mei 2017, dan pengiriman Oktober 2017.

Sumber: Damen