Yunani Upgrade Jet Tempur F-16 Menjadi Viper

ATHENA – Yunani telah mengambil langkah awal menuju upgrade jet tempur F-16 yang dimilikinya dan pada saatnya akan membeli jet tempur generasi kelima F-35. (Ekathimerini)

Sebagaimana diungkap oleh Departemen Pertahanan Yunani kepada pers pada hari Selasa (07/02/2017). Wakil Menteri Pertahanan Panos Kammenos mengatakan bahwa keputusan itu diambil sesuai dengan rekomendasi yang dibuat oleh Panglima Angkatan Bersenjata Yunani.

Langkah selanjutnya yang akan diambil adalah melakukan upgrade pada jet tempur F-16 yang dimiliki Yunani, kemudian menginformasikan kepada pemerintah AS mengenai kepentingan Yunani untuk membeli jet tempur siluman F-35 dan pada akhirnya menyepakati pemeliharaan sistem rudal permukaan-ke-udara jarak jauh S300 milik Angkatan Bersenjata Yunani.

Keputusan yang diambil oleh Kammenos diambil setelah adanya tekanan dari para pemimpin Angkatan Udara Hellenic untuk segera melakukan modernisasi bagian terpenting dari armadanya.

Jika F-16 di upgrade menjadi varian F-16 Viper, maka mereka akan kompatibel dengan F-35, sehingga Yunani harus melanjutkan pembelian jet tempur generasi kelima tersebut.

Menteri Pertahanan Yunani pada hari Selasa telah menandatangani surat permintaan untuk melanjutkan pekerjaan tersebut. Upgrade ini juga akan secara signifikan memperpanjang umur dari jet tempur F-16 milik Yunani.

Biaya upgrade seluruh armada jet tempur F-16 Yunani diperkirakan antara USD 1,7 – 2 milyar. Pembayaran biaya ini akan dilakukan secara bertahap. Setiap jet tempur F-35 saat ini seharga USD 80 – 100 juta.

Yunani akan segera mengirim surat permintaan lain untuk mengkonfirmasi berapa banyak pesawat tempur buatan Lockheed Martin akan dibeli oleh Athena.

Hingga saat ini kesepakatan untuk pemeliharaan sistem rudal S300 masih belum jelas. Selama beberapa bulan terakhir, telah ada banyak diskusi tentang upgrade sistem radar S300, yang akan memberikan peningkatan jangkauan dan akurasi, mendekati kemampuan versi terbaru dari sistem pertahanan udara buatan Rusia yaitu S400 Triumf.

JakartaGreater