Rusia Dapatkan Ilmu Pembangunan Kapal Mistral Secara ‘Gratis’ dari Perancis

Kapal Mistral Class Prancis yang tak jadi dijual ke Rusia

Meskipun akhirnya gagal mengakuisisi dua kapal Mistral dari Perancis, tapi Rusia mendapatkan keuntungan – ilmu dan teknologi – pembuatan kapal Mistral secara gratis dari Perancis.

Rusia kini memiliki kemampuan untuk membangun sendiri kapal sejenis dengan Mistral justru dari ilmu yang sudah diberikan Perancis. Batal mendapatkan dua kapal Mistral mungkin terlihat sebagai sebuah kegagalan, tapi tampaknya Moskow menerima bonus yang tidak diperkirakan pihak lain.

Menurut informasi yang diposting oleh surat kabar Le Canard Enchaine Perancis, yang mengutip pernyataan Alexei Rakhmanov, Direktur United Shipbuilding Corporation Rusia pada akhir Desember 2016, Rusia memenangkan ‘pengetahuan‘ dari Perancis. Jika kita memperhitungkan bahwa Perancis sudah mengembalikan uang yang dibayarkan Rusia untuk pembangunan kapal Mistral, “pengetahuan ini kami dapatkan secara gratis,” canda Rakhmanov.

United Shipbuilding Corporation sedang mempersiapkan untuk memulai pembangunan sendiri proyek kapal operator helikopter yang mirip dengan kapal Mistral class.

Surat kabar itu mengingatkan bahwa dua kapal Mistral yang dipesan pada tahun 2010, dibangun di galangan kapal di Saint-Nazaire, bekerja sama dengan United Shipbuilding Corporation. Sekedar diketahui, Rusia memesan kapal Mistral dengan skema TOT, pada Mistral pertama Rusia mendapatkan offset 20% dan pada kapal kedua mendapatkan offset 40%.

Namun konflik Ukraina, di mana Paris mengambil sikap bertentangan dengan Rusia kemudian memaksa Presiden Francois Hollande membatalkan pengiriman kedua kapal Mistral ke Moskow.

Meskipun Perancis akhirnya menemukan pembeli lain untuk kedua kapal Mistral, Pemerintah Perancis ingin cepat melupakan cerita ini yang tampaknya merupakan kerugian besar baginya.

Le Canard Enchaine