India dan Indonesia Latihan Udara Bersama Tahun Ini

Setelah Vietnam, Singapura dan negara-negara lain di Asia Tenggara, India kini juga terus meningkatkan hubungan militernya dengan Indonesia.

India dan Indonesia akan mengadakan latihan tempur udara bersama untuk pertama kalinya serta mempererat kerjasama keamanan maritim. Kedua negara juga akan mengadakan latihan militer bersama edisi keempat yang disebut Garuda Shakti, yang diadakan di Magelang, Indonesia Maret 2017.

India juga menawarkan untuk melatih Angkatan Laut Indonesia mengoperasikan kapal selam, sebagaimana pelatihan yang pernah diberikan pada Angkatan Laut Vietnam. Hal tersebut dinyatakan selama kunjungan Menteri Pertahanan India G Mohan Kumar ke Indonesia baru-baru ini.

Selain program pelatihan awak kapal selam, India juga pernah melatih pilot-pilot Vietnam mengoperasikan pesawat tempur Su-30MKI. Selain perluasan pelatihan militer, technology-sharing, latihan bersama, kunjungan dan pertukaran ahli dengan Vietnam, India juga siap untuk mendongkrak hubungan pertahanannya dengan Indonesia.

Angkatan Laut kedua negara juga telah melakukan patroli terkoordinasi di garis international maritime boundary line (IMBL) yang diadakan dua kali setahun sejak tahun 2002, dengan tujuan untuk menjaga keamanan jalur pelayaran dan perdagangan internasional di kawasan Samudera Hindia.

Indiatimes.com