Proyek Baru Untuk Menyediakan NASAMS Bagi Militer Norwegia

Sistem pertahanan udara NASAMS II berbasis truk 8×8 Sisu E13TP Angkatan Bersenjata Finlandia. © MKFI via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Pada jumpa pers yang diadakan tanggal 6 Februari 2017, Menteri Pertahanan Norwegia Ine Eriksen Soreide mengumumkan proyek baruuntuk menyediakan Sistem Pertahanan Udara Mobile Berbasis Darat bagi Angkatan Bersenjata dengan akuisisi langsung dari KONGSBERG. (Army Recognition)

Badan Materiel Pertahanan Norwegia akan memulai proses akuisisi bersama KONGSBERG untuk menentukan konfigurasi akhir dan solusi sistem sebelum kontrak pengiriman ditandatangani. Pengiriman tersebut direncanakan akan berlangsung pada 2018 – 2021.

Sistem Pertahanan Udara Berbasis Darat akan sepenuhnya mobile, sistem pertahanan udara jarak pendek (15 – 25 km) ini didasarkan pada beberapa elemen yang ada dalam struktur saat ini dan akan dikombinasikan dengan beberapa akuisisi elemen baru. Sistem ini akan menggunakan kembali komando dan kendali NASAMS (Norwegian Advanced Surface to Air Missile System) serta solusi jaringan yang unik.

KONGSBERG telah menjadi pemasok solusi pertahanan udara kepada angkatan bersenjata Norwegia selama beberapa dekade, mulai dari meriam hingga sistem persenjataan NASAMS modern saat ini. NASAMS juga menjadi dasar bagi perkembangan kompetensi yang signifikan dan sumber penghasilan tambahan dalam bidang teknologi lainnya.

Sistem Pertahanan Udara Mobile Berbasis Darat  akan menjadi solusi terkemuka di dunia dengan kemampuan yang unik untuk memerangi ancaman udara modern, serta memiliki kemampuan untuk berintegrasi pada jaringan dengan sensor dan persenjataan lain.

“NASAMS adalah produk yang sangat penting untuk KONGSBERG dan salah satu yang paling sukses secara internasional. Kami sangat senang bisa terpilih sebagai pemasok untuk Sistem Pertahanan Udara Mobile Berbasis Darat. Ini akan menambah kemampuan lebih lanjut untuk komunitas pertahanan udara Norwegia, dan mengamankan pekerjaan di KONGSBERG serta sejumlah besar subkontraktor di seluruh Norwegia”, kata Eirik Lie, Presiden Sistem Pertahanan di KONGSBERG.

Peluncur Sistem Pertahanan Udara Mobile Berbasis Darat dilengkapi dengan 4 rudal NASAMS yang terpasang pada menara yang terdapat di bagian belakang Humvee. Peluncur tersebut akan menyediakan cakupan 360°.

JakartaGreater