Kongsberg Berikan Pelatihan AUV Hugin kepada TNI Angkatan Laut

(subseaworldnews.com)
Departemen Kelautan Robotics Kongsberg Maritime telah memberikan pelatihan sistem AUV Hugin selama tiga minggu untuk menyiapkan program kapal survei baru TNI Angkatan Laut.

Pelatihan pengenalan dilakukan di sebuah hotel di Jakarta Pusat, dan pekan lalu di laut di Teluk Semangka untuk pelatihan praktis di kedalaman 1000 meter.

Tujuan pelatihan adalah agar awak mendapat sistem pemahaman navigasi inersia dan perencanaan misi canggih sebelum memulai uji coba laut.

“Hambatan bahasa membuat pelatihan menantang,” kata kepala instruktur AUV Stian Hopmark, “untungnya, ini diimbangi dengan siswa yang memiliki minat yang luar biasa dalam mata pelajaran dan kemauan untuk belajar.”

OCEA, pembuat kapal Perancis yang membangun dan mengirimkan dua kapal survei telah menyatakan bahwa mereka sangat senang dengan upaya Kongsberg Maritime selama pelatihan.

“Kedua awak telah mendapatkan banyak pengalaman dan umpan balik pada sistem AUV Hugin mereka, dalam tingkat yang sangat tinggi dari keahlian yang disediakan oleh tim Kongsberg. Tujuan dari pelatihan operator telah mencapai di atas ekspektasi,” kata perwakilan OCEAs di Jakarta, Julien Lagadec.

Kepala Delegasi TNI Angkatan Laut, Kolonel Budi, mengatakan: “Kami menempuh banyak cara untuk menjadi pionir dalam menggunakan peralatan survey canggih di Asia Selatan. Ini hanya awal”.

Sumber: Subsea World News