India Berhasil Menguji Pencegat Rudal PDV

Rudal yang disebut dengan pencegat Prithvi Defence Vehicle (PDV), telah diluncurkan dari Pulau Abdul Kalam sekitar pukul 07:45 waktu setempat, menurut kantor berita PTI. (Sputnik News/NDTV)

“Misi pencegat rudal PDV adalah untuk menghadang target yang berada di zona exo-atmosfer pada ketinggian di atas 50 km (31 mil) dari atmosfer bumi. Dua buah pencegat rudal PDV telah berhasil mengenai sasarannya masing-masing”, kata pejabat yang tidak disebutkan namanya kepada wartawan.

Rudal target tersebut diluncurkan dari sebuah kapal yang berada di Teluk Benggala, lebih dari 2.000 kilometer jauhnya dari Pulau Abdul Kalam.

Pencegat rudal PDV adalah rudal baru yang dikembangkan oleh DRDO sebagai pengganti rudal Prithvi Air Defence (PAD), yang merupakan bagian dari sistem pertahanan rudal balistik dua lapis milik India.

Sistem ini memiliki jangkauan operasional 2.000 km, dan ketinggian hingga 80 km, kecepatan jelajah maksimum adalah 5 mach, menggunakan sistem pemandu inersia dan radar aktif homing (fase terminal), mekanisme pemicunya adalah kinetik (hit-to-kill).

JakartaGreater