India : Indonesia Jajaki Jet Tempur Tejas

Jet tempur buatan dalam negeri India, Tejas. (All India Radio News @airnewsalerts)

Menurut laporan media India, Pemerintah Indonesia melalui jalur resmi telah meminta kepada pemerintah India tentang rincian jet tempur buatan dalam negeri India, LCA-Tejas. Dengan demikian, India berencana menjelaskan secara singkat aspek teknis pesawat tempur LCA-Tejas kepada Angkatan Udara Indonesia dan akan ditindaklanjuti dengan proposal yang lebih rinci, jika Angkatan Udara Indonesia tertarik untuk membeli jet tempur LCA-Tejas.

Angkatan Udara Indonesia (TNI-AU) sedang mencari pengganti pesawat tempur Northrop F-5E Tiger II yang diakusisi pada tahun 1980-an. TNI-AU membutuhkan 16 pesawat dengan nilai sekitar USD 1.5 miliar. Angkatan Udara Indonesia juga telah mendapatkan penjelasan dari SAAB tentang pesawat tempur Gripen C/D dan juga menawarkan versi baru Gripen E, yang diluncurkan pada bulan Mei di pabrik produksi Linköping di Swedia tahun lalu.

Angkatan Udara Indonesia mengoperasikan 16 campuran dari pesawat tempur multirole Su-27SK / SKM dan Su-30MKK / MK2 dan juga sangat tertarik dengan pembelian Sukhoi-35 namun belum sepakat dengan biayanya. IDW.org

0 Shares

Tinggalkan komentar