Lagi, Su-24 Rusia Terbang “Tidak Aman” di Dekat Destroyer USS Porter

Foto : Reuters

Beberapa pesawat tempur Rusia terbang mendekati kapal perusak USS Porter pada 10 Februari dan terbang secara tidak aman dan professional. Saat insiden terjadi, USS Porter sedang dalam perjalanan ke Laut Mediterania dan sedang berlayar di Laut Hitam.

Kementerian Pertahanan Rusia membantah dan menyatakan tidak ada insiden seperti itu yang terjadi. “Tidak ada insiden apapun pada tanggal 10 Februari, yang berkaitan dengan penerbangan pesawat militer Rusia di Laut Hitam dekat destroyer USS Porter,” rilis kantor berita Rusia mengutip juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov.

Tapi Kapten Danny Hernandez, juru bicara Komando AS di Eropa menyatakan, terjadi tiga insiden terpisah yang melibatkan pesawat militer Rusia dan USS Porter. Satu melibatkan dua pesawat tempur Su-24, insiden lain dengan satu Su-24 dan insiden ketiga dengan pesawat AWACS IL-38 yang lebih besar.

“USS Porter menghubungi pesawat (Rusia) dan tidak ada jawaban,” kata Hernandez. “Insiden tersebut memprihatinkan karena mereka dapat mengakibatkan kecelakaan atau kesalahan perhitungan”.

Insiden yang melibatkan Su-24 dianggap tidak aman dan tidak profesional oleh komandan USS Porter karena berkecepatan tinggi dan terbang rendah, sementara IL-38 terbang dengan ketinggian yang sangat rendah, tambah Hernandez.

Sumber dari pejabat keamanan AS menyatakan, satu Su-24 terbang dalam jarak 200 meter dan ketinggian hanya 90 meter dari USS Porter.

Beberapa waktu lalu pada April 2016, dua pesawat tempur Rusia terbang dengan melakukan simulasi serangan udara dekat dengan kapal Perusak rudal AS di Laut Baltik, keduanya terbang begitu dekat sehingga menimbulkan gelombang dipermukaan air laut.
Reuters.com
Editor : Muhidin

Leave a Reply