Rusia Ikut Tender Pengadaan 400 Jet Tempur India

BANGALORE – Rusia berencana untuk ambil bagian dalam tender pengadaan 400 unit jet tempur untuk Angkatan Udara India, menurut Vladimir Drozhzhov, Wakil Direktur FSMTC Rusia.

“Kami pasti akan berpartisipasi dalam tender pengadaan tersebut dengan proposal Mikoyan dan Sukhoi”, kata Drozhzhov pada pameran Aero India 2017 di Bangalore, Rabu, 15 Februari.

Angkatan Udara India saat ini memiliki pesawat tempur MiG-29 Rusia dengan versi modifikasi yang berbeda dan mereka juga berencana untuk membuka pusat layanan pemeliharaan pesawat tersebut di dalam negeri.

Pada tahun 2007, Rusia dan India telah menandatangani perjanjian desain bersama Fifth Generation Fighting Aircraft (FGFA).

Sistem Rudal Pertahanan Udara S-400 India

Drozhzhov mencatat bahwa pengiriman sistem rudal pertahanan udara S-400 Triumf Rusia ke India tidak diharapkan tahun ini.

“Kami akan menandatangani kontrak S-400 dan tak lama setelah itu akan ada jawaban kapan kami dapat menyediakan sistem itu. Menurut saya tidak mungkin berlangsung pada tahun 2017”, kata Drozhzhov.

Kesepakatan antar pemerintah pada pengiriman sistem rudal pertahanan udara jarak jauh S-400 Triumf ke India telah ditandatangani pada bulan Oktober 2016.

China menjadi pembeli asing pertama sistem rudal pertahanan udara S-400 Triumf Rusia. Kedua belah pihak mengumumkan tentang penandatanganan kontrak tersebut pada musim semi 2015. Menurut laporan media, kesepakatan pembelian S-400 Triumf itu bernilai sekitar US $ 3 milyar.

TASS