Rusia Mata-Matai Pangkalan Kapal Selam AS

Foto : Navi e aramtori

Kapal mata-mata Viktor Leonov (CCB-175) terlihat merapat di dermaga Old Havana, di Havana Kuba. Pada hari rabu kemarin, kapal Viktor Leonov terlihat hanya berjarak 40 mil dari AS , tidak jauh dari pangkalan kapal selam Angkatan Laut AS di Connecticut.

Kapal mata-mata Viktor Leonov memang hanya dilengkapi persenjataan terbatas, tetapi memiliki kelebihan sebagai pencegat dan pengumpul data intelijen kemampuan sonar yang dimiliki kapal selam Angkatan Laut AS.

Ini merupakan pelayaran terjauh dari kapal mata-mata Rusia tersebut. Dua tahun lalu, Viktor Leonov terlihat di Pantai Timur AS, dan menghabiskan waktunya menyerap data dan informasi dari pangkalan kapal selam AS di Kings Bay, Georgia.

Pentagon memperkirakan kapal mata-mata Rusia akan berlayar ke selatan di sepanjang Pantai Timur AS dan kembali ke Karibia.

Kapal Viktor Leonov, bagian dari Armada Utara Rusia bermarkas sepanjang Laut Barents, kapal tersebut menyeberangi Atlantik dan singgah di pelabuhan Jamaika dalam beberapa minggu terakhir, ungkap pejabat AS.

Rusia bukan hanya melakukan kegiatan mata-mata dengan kapal intelijen di dekat daratan AS – beberapa hari yang lalu empat pesawat tempur Rusia terbang didekat kapal perusak Angkatan Laut AS di Laut Hitam – hanya berjarak 182 meter dari USS Porter. Meski memiliki transponder, Jet tempur Rusia sengaja mematikan dan mengabaikan panggilan radio dari kapal perang Amerika.

Insiden penerbangan jarak dekat jet tempur Rusia dengan kapal perang AS merupakan yang pertama kalinya terjadi sejak Presiden Trump menjabat.

Military.com
Editor : Muhidin