India Akan Uji Torpedo Varunastra dari INS Sindhughosh

NEW DELHI – India telah memutuskan untuk menguji torpedo anti kapal selam kelas berat “Varunastra” yang dikembangkan anak bangsa dari kapal selam INS Sindhughosh.

Torpedo anti kapal selam yang juga dikenal sebagai rudal bawah air Varunastra akan masuk ke tahap produksi, menurut keretangan pers Defence Research and Development Organisation (DRDO).

Angkatan Laut India telah memesan sebanyak 73 torpedo anti kapal selam Varunastra senilai $ 132.000.000, yang akan diproduksi oleh Bharat Dynamics Limited (BDL) di Hyderabad.

Army Recognition dalam artikelnya menyebut bahwa Bharat Dynamics Limited (BDL) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Thales untuk menilai peluang transfer teknologi (ToT – alih teknologi) dari kemampuan rudal Starstreak Inggris.

Torpedo anti kapal selam sepanjang 7,6 meter seharga $ 1,8 juta (24 milyar rupiah) ini memiliki 95% kandungan lokal yang dapat meluncur dengan kecepatan hingga 40 knot. Angkatan Laut India menyatakan bahwa torpedo Varunastra memiliki jangkauan hingga 40 km.

Sumber di kementrian pertahanan India telah menawarkan rudal bawah air ini ke Vietnam dan berharap ada banyak pesanan dari angkatan laut lain di seluruh dunia.

Varunastra adalah sebuah senjata laut serbaguna yang dapat ditembakkan dari kapal perusak Rajput-Class maupun Delhi-Class dan semua kapal perang anti kapal selam (Anti Submarine Warfare – ASW) yang mampu menembakkan torpedo berat serta mampu menyerang kapal selam yang senyap ataupun kapal selam siluman, baik yang ada di pesisir maupun di perairan dalam.

DRDO menyebutkan bahwa torpedo anti-kapal selam Varunastra terbaru telah dilengkapi dengan pemandu GPS untuk meningkatkan kemampuan membunuhnya.

 

Sputnik News
Army Recognition