Terkendala Anggaran, Pakistan Fokus pada Mi-35 Bukan Su-35

Militer Pakistan tertarik pada persenjataan buatan Rusia, meskipun untuk membelinya masih harus menyesuaikannya dengan anggaran. Saat ini Pakistan sedang mempertimbangkan untuk membeli tambahan helikopter serang Mi-35 setelah sebelumnya sudah memesan empat unit Mi-35 pada bulan Agustus 2015. Secara keseluruhan Pakistan ingin mendapatkan hingga 20 unit Mi-35, meski akan dilakukan dalam batch kecil dan secara bertahap.

Menariknya, Pakistan secara resmi mengesampingkan pembelian pesawat tempur Su-35, padahal sebelumnya pada bulan September tahun lalu para pejabat Angkatan Udara Pakistan menyatakan ketertarikannya pada Su-35.

Angkatan Udara Pakistan (PAF) tidak mampu melakukan pembelian pesawat tempur baru pada tahun 2016, temasuk dengan kegagalan mendapatkan pesawat tempur F-16C / D Block-52 + dari AS setelah Washington menolak untuk memberikannya dengan dana tunjangan dari Foreign Military Financing (FMF). Akibat kegagalan tersebut, Pakistan kemudian menyatakan ingin menjadikan Su-35 buatan Rusia atau J-10 buatan China sebagai pilihan alternatif.

Writer : Muhidin