Boeing Jual Suku Cadang Harpoon, Salah Satunya ke Malaysia

Boeing telah menerima kontrak senilai US$ 12.3 juta untuk menyediakan suku cadang rudal Harpoon dan rudal jelajah AGM-84E untuk Angkatan Laut AS, Arab Saudi, Australia, Jepang, Taiwan, Thailand, Turki, Malaysia, Kanada dan India, rilis Departemen Pertahanan AS.

“ Boeing Company St. Louis, Missouri, mendapatkan kontrak senilai US$ 12.300.000 untuk pengadaan suku cadang rudal Harpoon dan Stand-Off Land Attack Missile-Expanded Response (SLAM-ER) untuk Angkatan Laut,” seperti yang diumumkan pada hari Senin lalu.

Rudal AGM-84E SLAM-ER adalah rudal anti kapal Harpoon yang diluncurkan dari pesawat tempur F-18 Hornet, merupakan versi upgrade dari rudal SLAM standar. SLAM-ER menggunakan bimbingan GPS dan beralih menggunakan bimbingan infra-merah saat mendekati targetnya dengan presisi tinggi.

Rudal Harpoon RGM-84 adalah rudal anti kapal segala cuaca yang diluncurkan dari kapal perang, dilengkapi booster berbahan bakar padat untuk mendongkrak kecepatan saat diluncurkan dari kapal perang.

Sedangkan rudal Harpoon UGM-84 merupakan rudal anti kapal yang diluncurkan dari kapal selam. Menggunakan booster berbahan bakar padat dalam tabung kemasan yang memungkinkannya ditembakkan dari dalam laut oleh kapal selam.

Writer : Muhidin