India Akan Mereparasi Kapal Selam Kilo Kedua ke Rusia

Setelah menunggu selama bertahun-tahun, Angkatan Laut India akhirnya memulai proses untuk mereparasi kapal selam Kilo class Sindhuraj dengan biaya US$ 208 juta.

Saat ini Angkatan Laut India telah mengeluarkan tender untuk mengangkut kapal selam Kilo dari Visakhapatnam (India) ke dermaga Severodvinsk di Rusia. Angkatan Laut India mengharapkan reparasi nantinya akan memperpanjang umur kapal selam selama satu dekade lagi.

Dokumen Angkatan Laut India menyatakan, pemuatan kapal selam Kilo dari Visakhapatnam ke Rusia antara tanggal 1 Mei sampai 15 Jun 2017. Estimasi waktu transit nantinya akan melewati Cape of Good Hope, dan apabila cuaca memungkinkan tidak akan melebihi batas waktu 45 hari.

India telah mengkontrak Rusia untuk mereparasi empat dari sembilan kapal selam Kilo classnya dengan biaya senilai sekitar US$ 800 juta. Saat ini kapal selam Kilo lainnya, INS Sindhukesari sedang menjalani proses reparasi serupa sejak tahun lalu. Menurut perjanjian dengan galangan kapal Rusia, Angkatan Laut India akan membongkar dua kapal selam Kilo Class lainnya ke galangan kapal L & T Katupalli di Tamil Nadu bulan depan.

Angkatan Laut India membutuhkan setidaknya 24 kapal selam untuk menjaga ke tingkat Minimum Force Level, tetapi saat ini hanya memiliki sekitar 13 kapal selam. Angkatan Laut India tahun ini mengharapkan dua kapal selam Scorpene class yang sudah lama ditunggu-tunggu untuk mulai bertugas. Ironisnya, dari 13 kapal sleam , setengah diantaranya hanya dapat digunakan dalam skala terbatas dan disimpan sebagai cadangan perang.
Sputnik
Editor : Muhidin