Nexter Pasok Sistem Artileri Caesar Tambahan untuk TNI

Canon CAESAR de Nexter Systems. (nexter-group.fr)
Nexter, perusahaan pertahanan asal Perancis dan bagian dari KNDS Group, telah menjadi mitra untuk mendukung modernisasi TNI sejak kontrak awal tahun 2012 untuk memasok 36 sistem artileri Caesar. Dalam pameran dagang IDEX 2017, Nexter mengumumkan penandatanganan kontrak baru untuk memasok 18 sistem Caesar ke TNI.

Caesar 155mm wheeled self-propelled howitzer, digunakan oleh Angkatan Bersenjata Perancis selama operasi di Mali, Lebanon, Afghanistan dan Irak, diakui di seluruh dunia sebagai keseimbangan terbaik antara kesederhanaan artileri ditarik dan mobilitas diri sistem -propelled. Tidak hanya akurat dan mobile, Caesar yang memungkinkan untuk menghindari counter-battery fire juga memiliki biaya pemeliharaan terendah dari setiap sistem artileri bergerak di pasar. Hal ini dalam pelayanan angkatan bersenjata Perancis, Indonesia, Thailand dan negara Timur Tengah, dan lebih dari 270 sistem Caesar telah diproduksi. Mereka telah menembakkan lebih dari 80.000 putaran dan menempuh jarak lebih dari satu juta kilometer.

Selain sistem artileri, Nexter juga akan menyediakan sistem kontrol penembakan, FINDART, simulator Caesar untuk pelatihan dan lebih dari 50 artileri batalion kendaraan tambahan dirakit di Indonesia oleh PT Pindad.

“Keberhasilan terbaru di Indonesia ini menunjukkan bahwa penampilan mengesankan Caesar memenuhi persyaratan yang paling menuntut di tanah di Asia Tenggara”, ujar Wakil Presiden Senior Artillery, Turret dan Program Sistem Senjata, Gilles Sarreau.

Sumber: Nexter