Desain Kapal Perang Trimaran China

Foto : Defencenews
Angkatan Laut Cina tampaknya akan mempersiapkan desain kapal perang dengan lambung trimaran yang bisa diproduksi sebagai kapal perang Angkatan Laut China dan untuk pasar ekspor.

“Kami sedang dalam tahap desain dan pengembangan proyek,” kata Anda Yue, Wakil Direktur China Shipbuilding Trading Company untuk pengembangan bisnis kawasan Asia Barat dan Afrika. “Masih berbentuk rencana tetapi sudah banyak rincian tetap,” katanya.

Rencana desain dengan lambung trimaran – memungkinkan kapal untuk memiliki geladak yang jauh lebih luas daripada desain monohull konvensional, selain itu kapal trimaran juga memiliki bentuk lambung dan suprastruktur yang bisa mengurangi jejak radar.

Sebuah model kapal trimaran ditampilkan minggu ini selama pameran IDEX di Abu Dhabi, UEA. Banyak fitur yang dapat diinstal, baik untuk versi Angkatan Laut China atau untuk varian ekspor. Kapal perang trimaran ini memang belum dibangun karena keputusan akhir pada sistem pembangkit listrik, persenjataan, sistem sensor dan sistem tempur belum dibuat, jelas Anda Yue.

Data yang ditampilkan pada model kapal trimaran menguraikan bobot kapal seberat 2.450 ton, dengan dimensi panjang 142 meter, beam 32 meter dan draft 6,2 meter. Sistem pembangkit lisitrik yang sedang dipertimbangkan adalah ” marine electric propulsion system ” dengan kecepatan 25 knot dan daya tahan hingga 5.000 mil laut pada kecepatan 16 dan daya tahan operasi 30 hari.

Menurut Anda Yue, angka-angka diatas bisa saja berubah saat sudah mulai tahap produksi, dengan kecepatan mungkin bisa di atas 30 knot. Untuk sistem propulsi dengan mesin diesel MTU dengan tiga mesin waterjet sedang dipertimbangkan.

Untuk persenjataan bisa menggunakan meriam ringan 76mm atau meriam berat 100mm, rudal permukaan-ke-udara dengan sistem peluncur VLS yang ditempatkan dibelakang meriam utama, rudal anti kapal di bagian tengah kapal, senjata pertahanan jarak dekat (CIWS) dan chaff launchers, dan sensor suite untuk kapal seukuran light fregat. Kapal trimaran juga dilengkapi dengan hanggar helikopter.

Dengan desain yang masih harus diselesaikan, Anda Yue mengatakan ia tidak mengharapkan pembangunan kapal trimaran pertama bisa dimulai sebelum tahun 2018.
DefenceNews.com
Editor : Muhidin

Leave a Reply