Helikopter Apache dan Tank Leopard Temani Bell 412 EP di Kalimantan

Kodam VI Mulawarman Operasikan Helikopter Bell 412 EP (Photo; PTDI)
Kodam VI Mulawarman Operasikan Helikopter Bell 412 EP (Photo; PTDI)

Kodam VI Mulawarman mengenalkan armada barunya Helikopter Bell 412 EP yang merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Bell 412 EP ini akan ditempatkan di wilayah perbatasan, untuk memantau kondisi wilayah perbatasan melalui foto udara.

Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Dicky Wainal Usman memperkenalkan helikopter tersebut di halaman Makodam VI Mulawarman. Menurutnya helikopter ini terbilang canggih karena dilengkapi radar udara dan juga dapat melakukan foto udara baik siang maupun malam. Dengan hadirnya Bell 412 EP, diharapkan patok-patok di wilayah perbatasan dapat dipantau dan dibenahi anggota TNI, pada setiap saat.

Helikopter M-I 17 TNI AD yang ada di Kodam VI Mulawarman, belum memiliki kecanggihan seperti helikopter baru Bell 412 EP. Dengan adanya helikopter Bell 412 EP, pemantauan kondisi di perbatasan dapat dipermudah.

Lebih lanjut Pangdam VI Mulawarman menjelaskan, tahun 2014 mendatang dukungan alusista akan bertamabah, dengan adanya 2 unit tank Leopard-2, serta 2 unit Helikopter Apache yang akan ditempatkan di wilayah Kalimantan Timur, untuk menjaga kedaulatan NKRI.

Kodam VI Mulawarman Operasikan Helikopter Bell 412 EP (Photo; ARC.web.id)
Kodam VI Mulawarman Operasikan Helikopter Bell 412 EP (Photo; ARC.web.id)

HUT TNI 5 Oktober 2013.
Rencananya helikopter Bell 412 EP akan dilibatkan dalam demonstrasi pada Hari Jadi TNI ke-48 di Lapangan Merdeka Balikpapan, tanggal 5 Oktober 2013. Sejumlah alat utama sistem persenjataan TNI juga akan dipamerkan kepada masyarakat. Masyarakat Balikpapan dapat mengetahui secara jelas apa saja alusista TNI yang dimiliki di Kalimantan Timur. Diantaranya: Tank, Panser Anoa, serta sistem pertahanan udara jarak pendek Grom yang akan dipamerkan. (Sammy Laurens/GerbangKaltim.com).

Tinggalkan komentar