Telah Lengkap, Vietnam Kini Operasikan Enam Kapal Selam “Improved Kilo”

Bendera Republik Vietnam telah dikibarkan pada dua kapal selam Proyek 636.1 (Kelas Improved Kilo) buatan Rusia dalam sebuah upacara yang diadakan di pangkalan Angkatan Laut Cam Ranh yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan Vietnam Nguyen Xuan Phuc dan Kepala Departemen Pertahanan Nasional dan Angkatan Laut.

Upacara penugasan kapal selam kelas Improved Kilo (Proyek 636.1) bernomor lambung 186 “Da Nang” milik Angkatan Laut Vietnam. (© Live Journal)

Kapal selam Angkatan Laut Vietnam tersebut diberi nama Da Nang dengan nomor lambung HQ186 dan Ba Ria Vung Tau dengan nomor lambung HQ-187.

Kedua kapal selam tersebut adalah yang terakhir dari 6 (enam) kapal selam Proyek 636 pesanan Vietnam dari Rusia. Sebelumnya, Angkatan Laut Vietnam menugaskan kapal selam Ha Noi (nomr lambung HQ182), Ho Chi Minh City (nomor lambung HQ183), Hai Phong (nomor lambung HQ184) dan Khanh Hoa (nomor lambung HQ185).

Exportir senjata Rusia, Rosoboronexport dan pemerintah Vietnam telah menandatangani kontrak pengadaan 6 (enam) unit kapal selam termasuk pelatihan awak sebesar US $ 2 milyar pada akhir tahun 2009.

Penyerahan kapal yang dibangun oleh Admiralty Wharfs di St. Petersburg dimulai pada tahun 2013 dan pengiriman terakhir pada bulan Januari 2017. Kapal selam tersebut disampaikan dalam konfigurasi standar, termasuk sistem rudal Klub (SS-N-27 Sizzler).

Navy Recognition