Tandingi J-20, Taiwan Ingin Bangun Pesawat Tempur Canggih Sendiri

Pesawat tempur IDF (foto:Aviation.net)

Taiwan berencana akan menyelesaikan prototipe pesawat tempur baru dalam 10 tahun kedepan, dan saat ini akan mengembangkan lebh dahulu mesin pesawat tempur.

Sebuah proposal anggaran untuk program mesin jet akan dikirim ke Legislatif akhir tahun ini untuk mendapatkan persetujuan.

Jika anggaran itu disetujui, program untuk mengembangkan mesin pesawat tempur akan mulai pada tahun 2018 dan prototipe pesawat tempur baru akan selesai dalam 10 tahun, kata Chang Guan chung (Presiden National Chung-Shan Institute of Science and Technology – NCSIST) menanggapi pertanyaan oleh anggota legislatif Foreign Affairs and National Defense Committee.

Program mesin adalah bagian penting dari rencana Taiwan untuk mengembangkan pesawat tempur canggih yang akan menggantikan armada pesawat tempur tua, yang sebagian besar terdiri dari F-16 buatan AS, Mirage 2000-5 buatan Prancis dan IDF buatan dalam negeri.

Mesin untuk pesawat tempur baru akan dibuat berdasarkan pada mesin TFE-1042-1070 yang digunakan pesawat tempur IDF dan sedang dikembangkan oleh NCSIST, lembaga penelitian dan pengembangan senjata utama Taiwan, ungkap sebuah sumber.

Kekuatan Angkatan Udara Taiwan tertinggal jauh dari Angkatan Udara China, hanya mengandalkan pesawat tempur yang sudah semakin menua, dan juga kegagalan mengakuisisi pesawat tempur canggih akibat tekanan dari China, Taiwan ingin mengembangkan sendiri sebuah tipe pesawat tempur yang setidaknya mampu mengimbangi pesawat tempur modern China.

Focustaiwan.tw
Editor : Muhidin

Leave a Reply