Kapal Selam Turki Nyaris Disabotase

Hati-hati saat kapal selam sedang bersandar di dermaga, jika tanpa penjagaan ketat bisa terjadi hal-hal yang bisa membahayakan kapal selam, termasuk aksi sabotase.

Hal ini terjadi pada kapal selam Angkatan Laut Turki. Kapal selam Type 209/1400 – TCG Gur – dengan nomor lambung S 357 hampir mengalami kerusakan parah akibat aksi sabotase seorang sersan tentara yang tidak disebutkan namanya.

Pada tanggal 5 Januari, Sersan tersebut berhasil masuk ke dalam kapal selam. Melakukan perjalanan secara illegal ke dalam kompartemen kapal selam dan melemparkan logam, kacang-kacangan dan benda lainnya ke dalam mesin generator kapal selam.

Penyelundup itu akhirnya ditangkap, meski Angkatan Laut menyatakan tidak ada kerusakan pada kapal selam, namun belum diketahui efek dari benda-benda yang dimasukkan ke generator diesel kapal selam.

Kapal selam TCG Gur S 357 adalah kapal selam diesel elektrik Project 209/1400 yang dibangun pada tahun 1998 oleh Turki Shipyard Naval di Golcuk dengan bantuan dari perusahaan HDW Jerman. Kapal selam mulai diserahkan kepada Angkatan Laut Turki pada tahun 2003.

Author : Muhidin