Pertumbuhan Ekonomi Filipina Tertinggi di Asia

Presiden Filipina Benigno Aguino III dalam KTT APEC 2013, Bali (photo: Antara)
Pertumbuhan Ekonomi Filipina Tertinggi di Asia 1

Tidak disangka, Filipina ternyata mencatatkan pertumbuhan ekonomi terbaik di Asia dengan pertumbuhan sebesar 7,5 persen pada kuartal II-2013.

Presiden Filipina Benigno Aquino III mengatakan, tidak ada kebijakan khusus yang diambil pemerintahannya terkait prestasi ini. Aquino menyebut, apa yang dilakukan Filipina tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

Menurut Aquino, Filipina awalnya fokus untuk menganggarkan dana negara untuk pendidikan, kesehatan dan infrastruktur umum.

“Namun yang lebih penting adalah kebijakan itu harus bisa untuk mengamankan masa depan negara. Meski kebijakanmu itu tidak populer dan mendapat tantangan dari pihak lain,” kata Aquino di sela acara APEC CEO Summit di Bali International Convention Center, Bali, Minggu (6/10/2013).

Presiden Aquino memang menjalankan perangkat kebijakan yang dinilai radikal, seperti menaikkan pajak, memberantas korupsi yang dilakukan pendahulunya, menangkap pengemplang cukai, mencegah menindak overpopulasi yang menyumbat pertumbuhan.

Dia juga tak segan menggenjot belanja negara. Investasi infrastruktur dijadikan kunci dari trayek pertumbuhan negara dengan perekonomian terbesar ke-13 di Asia itu dalam beberapa tahun ke depan.

“The boss is the people. Kami hanya ingin melayani masyarakat kami. Good governance is a good economy,” tambahnya.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat, Filipina pun bisa menambah anggaran untuk pengadaan alutsista mereka, apalagi saat ini mereka sedang bersitegang dengan China, terkait konlflik Pulau Scarborough. (kompas.com)

Leave a Comment