Jet Tempur Suriah Hilang di Perbatasan Turki

MiG-21 Suriah (RT.com)

Damaskus – Komunikasi dengan jet tempur Suriah terputus saat pesawat tersebut melaksanakan misi pengintaian di dekat perbatasan Turki pada Sabtu (4/3/2017), ujar laporan stasiun televisi negara Suriah.

Laporan itu mengatakan pencarian pilot pesawat terus dilancarkan, tapi tak ada perincian lebih lanjut.

Sementara itu, gerakan Ahrar Ash-Sham -yang didukung Turki- sebagaimana dilaporan Xinhua, mengatakan gerilyawannya menembak-jatuh satu MiG-21 Suriah di pinggir utara Idlib di dekat perbatasan Turki.

Satu rekaman video yang disiarkan di Internet juga menunjukkan pesawat tempur ditembak oleh anggota Ahrar Ash-Sham.

Beberapa pegiat mengatakan bahwa setelah ditembak, pesawat tempur itu terus terbang ke arah perbatasan Suriah-Turki. Ditambahkannya, pesawat tersebut mungkin telah jatuh di Pegunungan Turkmen di Provinsi Latakia, Suriah.

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim sebelumnya mengatakan satu jet militer Suriah telah jatuh di dekat perbatasan Suriah-Turki.

“Ada keterangan bahwa satu pesawat jenis MiG yang diperkirakan milik Pemerintah Suriah jatuh di Hatau (Provinsi di suriah Selatan),” katanya. Ia menyatakan pilot pesawat tersebut dilaporkan telah melompat dari pesawat dan upaya pencarian sedang dilakukan.

Akun maytham? @maytham956, menyatakan pilot jet tempur Mig-21 tersebut jatuh di dekat perbatasan Turki-Surian dan telah ditemukan dan dibawa ke rumah sakit, untuk perawatan.

Antara/Xinhua-OANA