Putin Ajak Indonesia Tangani Suriah

Presiden Vladimir Putin beserta Presiden SBY dan Ibu Negara di Apec 2013, Bali (photo: viva.co.id)
Presiden Vladimir Putin beserta Presiden SBY dan Ibu Negara di Apec 2013, Bali (photo: viva.co.id)

Moskow. Konflik Suriah yang belum juga berakhir, membuat pembicaraan damai untuk membahas krisis Suriah, akan digelar di Jenewa, Swiss tahun 2013 ini. Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut baik, jika Indonesia bergabung dalam konferensi Jenewa nanti.

“Kami yakin bahwa mungkin untuk menambah jumlah partisipan (konferensi) dengan mengikutsertakan negara-negara muslim besar seperti Indonesia,” kata Putin.

“Menurut pendapat saya, hal itu cukup wajar adanya dan kami akan menyambutnya,” ujar Putin,  dilansir kantor berita AFP, Selasa (8/10/2013).
Hal tersebut disampaikan Putin kepada kantor berita Rusia, ITAR-Tass di sela-sela KTT APEC yang berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Sekjen PBB Ban Ki-moon bulan lalu mengatakan, konferensi Jenewa II akan digelar pada pertengahan November mendatang. Pemerintah Rusia dan AS setuju untuk menggelar pertemuan tersebut pada pertengahan November mendatang.

Konferensi Jenewa II bertujuan mengumpulkan pihak-pihak yang bertikai di Suriah guna mencapai solusi politik. Solusi politik ini diperlukan untuk mengakhiri konflik  yang telah berlangsung sejak Maret 2011 lalu.  Dalam catatan PBB, lebih dari 115 ribu orang tewas selama krisis Suriah berlangsung. (detik.com)

Sharing

Tinggalkan komentar