Pesawat Airbus A400 RAF Mampir ke Jakarta

Pesawat Airbus A-400 Royal Air Force mendarat di Jakarta (Airbus Defence / @AirbusDefence )

Jakarta – Airbus Defence mendatangkan pesawat angkut militer A-400 ke Indonesia, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/3/2017). Menurut akun twitter Airbus Defence, pesawat milik Angkatan Udara Inggris ini melakukan pemberhentian satu malam di Jakarta dalam rangkaian tur Asia Pasifik.

Presiden Airbus Asia Pasific, Pierre Jaffre di Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin, 6/3/2017 mengatakan kunjungan ini memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk mendapatkan pemahaman langsung mengenai operasional A400M yang bertugas dengan RAF, seperti yang dilansir oleh Viva.co.id. Airbus mengklaim, A400M merupakan pesawat angkut yang paling canggih dan paling sempurna untuk kebutuhan di kawasan Indonesia.

Pengganti Pesawat Hercules Tipe B

Kementerian Pertahanan berencana mengganti pesawat angkut Hercules (C-130) tipe B yang sudah tua, dan telah masuk ke dalam rencana strategis (Renstra) tahap II, 2015-2019.

Pesawat yang digadang-gadang sebagai pengganti Pesawat Hercules tipe B yang akan dipensiunkan adalah: Airbus A400M, Boeing C-17 Globemaster, Hercules (C-130) tipe J dan Antonov AN-70.