Pentagon Upgrade Software Jet Tempur F-16

WASHINGTON – Perusahaan FAAC yang berbasis di AS telah menerima kontrak senilai US $ 10 juta dari Angkatan Udara AS untuk memberikan update software (perangkat lunak) sistem persenjataan jet tempur F-16, termasuk kemampuan perangkat keras komputer yang lebih kuat, menurut keterangan pers Departemen Pertahanan AS.

“FAAC [yang berada di] Ann Arbor, Michigan, telah mendapatkan kontrak sebesar US $ 10 juta… kontrak pada Common Weapon Engagement Zone, pembaruan perangkat lunak Program Operasional Penerbangan”, demikian isi  pengumuman pada hari Senin lalu.

Perusahaan tersebut akan mendukung pembaruan pada sistem persenjataan F-16 termasuk upgrade kemampuan software, komputer multi misi dan update pertengahan pesawat F-16 Blok 15 Angkatan Udara AS yang bertugas dan berpartisipasi di Eropa, menurut penjelasan Departemen Pertahanan AS.

Pengerjaan pada program ini akan dilakukan selama 6 (enam) tahun ke depan dan akan dikelola oleh Pusat Manajemen Daur Hidup yang ada di Pangkalan Angkatan Udara Hill di negara bagian Utah, tambah pengumuman itu.

FAAC telah menyediakan rekayasa sistem dan produk perangkat lunak kepada pemerintah AS dan industri swasta, taktik peperangan udara dan darat, sistem avionik, pusat pelatihan pernika (peperangan elektronik) dan pelatih sistem persenjataan, menurut laporan yang diterbitkan.

Sputnik News