Uji Tembak Panser Tarantula

Pussenkav Lakukan Uji Tembak Meriam Panser Tarantula (photo:Pussenkav TNI-AD)

Uji Tembak Panser Tarantula 1

Pusat Kesenjataan Kavaleri TNI-AD melakukan pelatihan penembakan meriam 90mm Cockerill, Panser Tarantula yang dilaksanakan di kawasan Cipatat Bandung Jawa Barat. Pelatihan ini melibatkan puluhan personel kavaleri dengan dua unit Panser Tarantula, yang belum lama didatangkan dari Korea Selatan.

Puluhan amunisi yang diujicoba disiapkan dari jenis HESH buatan Belgia.  Prajurit Kavaleri mencoba membidik sasaran ukuran 4×4 meter yang diletakan sejauh 1 kilometer. Dari beberapa kali uji tembak, terlihat akurasi meriam Cockerill sangat baik. Beberapa tembakan mencetak skor bulls eye, padahal kegiatan ini merupakan latihan pertama sehingga para awak belum terlalu terlatih. Meriam cockerill MK-3 90mm LP ini cukup canggih karena dilengkapi pengukur jarak laser serta penglihat malam. Dalam pelatihan juga dilakukan diujicoba menembak tanpa laser range finder, agar kemampuan awak kavaleri benar-benar teruji.

Pussenkav Lakukan Uji Tembak Meriam Panser Tarantula (photo:Pussenkav TNI-AD)

Uji Tembak Panser Tarantula 2

Platform Tarantula cukup stabil karena ketika meriam ditembakan, hampir tidak ada tolak balik.  Kecilnya recoil merupakan keunggulan dari meriam Cockerill MK-3. Sistem meriam 90mm Tarantula terpasang pada kubah yang dioperasikan oleh 2 awak, juru tembak (gunner) serta komandan kendaraan.

Panser Tarantula memiliki amunisi beragam, antara lain: APFSDS-T (Armor Piercing Fin Stabilised Discarding Sabot-Tracer), HEAT (High Explosive Anti Tank), HE-T, dan Canister (anti personil). Meriam 90 mm memiliki kekuatan pemukul untuk tugas-tugas: pengamanan, penyekatan, dan dukungan tembakan;  fungsi yang nantinya akan diemban oleh Panser Tarantula.

Pussenkav Lakukan Uji Tembak Meriam Panser Tarantula (photo:Pussenkav TNI-AD)

Uji Tembak Panser Tarantula 3

Pelatihan penembakan ini rangkaian dari pelatihan awak ranpur sebelumnya, dimana telah dilatihkan operasional radio, dan mengemudi. Pelatihan menembak juga akan dilakukan pada malam hari. (Sumber: arc.web.id)

Leave a Reply