Datangnya Frigate Carabiniere dan Kerjasama Persenjataan Kapal

Frigate Carabiniere Italia (consperth.esteri.it)

Jakarta – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, menerima kunjungan kehormatan Komandan Kapal Perang Carabiniere Angkatan Laut Italia Letnan Kolonel Francesco Pagnotta di Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jakarta, (9/3/2017).

Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara yang sudah berjalan baik. Dalam bidang pertahanan, Indonesia memiliki kerjasama dengan industri pertahanan Italia, khususnya bidang persenjataan kapal. Selain itu, kedua Angkatan Laut juga tergabung dalam misi operasi penjaga perdamaian dari United Nations Interim Force In Libanon (UNIFIL).

Berkaitan dengan stabilitas keamanan, Koarmabar sangat komitmen dalam menjamin keselamatan dan keamanan perairan wilayah barat. Koarmabar telah meluncurkan strategi operasional dengan sistem Western Fleet Quick Response (WFQR) guna menindak semua pelanggaran di laut khususnya Selat Malaka dan Singapura.

Letnan Kolonel Francesco Pagnotta yang didampingi Atase Pertahanan Italia menyaksikan pemutaran video profil Koarmabar agar lebih memahami tugas-tugas Koarmabar dan tanggung jawabnya. Kunjungan kehormatan tersebut diakhiri dengan acara tukar menukar cinderamata antara kedua pejabat.

Turut mendampingi Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., dalam acara tersebut, Asintel Pangarmabar Kolonel Laut (E) Angkasa Dipua, S.E., dan Asops Pangarmabar Kolonel Laut (P) Suwito, S.E.

Dispen Koarmabar