Menggelitik Perut Naga, Jepang-AS Latihan Militer di Laut China Timur Tanpa Pemberitahuan

TOKYO – Latihan militer, yang dimulai tanpa pemberitahuan pada hari Selasa, 7 Maret, berfokus pada interaksi dan komunikasi dalam kondisi pertempuran, menurut kantor berita Kyodo, Jumat (10/03/2017), mengutip dari sumber-sumber pemerintah Jepang.

Kapal induk AS, USS Carl Vinson (CVN-70) dari Kelas Nimitz

Kapal patroli Jepang dan kapal induk Angkatan Laut AS, USS Carl Vinson ambil bagian dalam latihan tersebut, menurut outlet berita. Kapal induk tersebut tiba di Asia untuk ambil bagian dalam latihan Foal Elang yang berlangsung dengan Korea Selatan meskipun mendapat protes dari China.

Latihan militer AS-Jepang terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Korea Selatan dengan Korea Utara dan akibat Korut kembali melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dengan meluncurkan 4 (empat) rudal balistik.

Atas kejadian tersebut, Jepang juga telah sangat prihatin dengan situasi yang terjadi di semenanjung Korea, terutama rudal yang diluncurkan Korut jatuh di ZEE Jepang.

Hubungan Jepang dengan China yang semakin tegang karena adanya sengketa teritorial atas Kepulauan Senkaku di Laut Cina Timur. China meningkatkan kegiatan militer di daerah tersebut selama beberapa pekan terakhir, dengan mengerahkan lebih dari selusin jet tempur China mendekati wilayah udara Jepang di dekat Okinawa.

Sputnik News